Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 02 Februari 2018

Hey NICU..Ventilator dan Oksigen

Story kali ini kenapa aku ngambil judul hey NICU, karena ga pernah kepikiran kalo anak ku ada yang ngerasain tinggal di NICU pas dia lahir ke dunia..Bayi itu lahir pada tanggal 1 November 2016 yang seharusnya udah dijadwalin untuk operasi sectio pada tanggal 5 November 2016 biar samaan kayak tanggal lahir mamaku tersayang. 

Pas tanggal 30 oktober kita kontrol terakhir ke RSIA Tambak untuk cek up darah, jantung dan lain lain sebelom sabtunya operasi bener bener ga ada tanda tanda bakal melahirkan besoknya. 

Tanggal 31 oktober 2016 pagi pagi masih nyiapin anak anak buat berangkat ke sekolah, pas sekitar jam 8 perut mulai berasa mules mules alias kontraksi saat itu masih mikir klo braxton hicks (kontraksi palsu)..eh masih mules mules ampe jam 9 an mulai berasa ada yang aneh jangan jangan mau lahiran tapi masih stay calm, pas lagi mikir kenapa ama si dede diperut kok udah kontraksi aja si mama (sekarang udah Almh) main kerumah dan ngajak ngobrol dan disitu aku bilang mah kok mules mules ya dan kayaknya udah teratur trus kata mama coba cek aja ke dokter iya liat ntar deh klo masih ampe siang kontraksi baru periksa. Jam setengah 12 aku berangkat ama papa mau jemput anak ku yang SD selama di mobil tiap 10 menit sekali pegangan karena bener bener mules sampe disekolah juga masih sempet ngobrol ama ibu ibu bahkan mereka ga nyangka kalo besoknya aku lahiran.

Nah jam 2 an aku wa suami bilang udah kontraksi terus kayaknya perlu ke dokter, suami agak panik dan bilang dia bakal segera pulang trus aku disuruh siapin baju dan perlengkapan anak anak kalo ternyata mesti nginep di rs..si mama juga kerumah lagi ngecek keadaan aku, aku bilang ama mama iya nunggu suami pulang langsung berangkat...singkat cerita sore itu kita langsung berangkat kerumah sakit which is jauh banget dari rumah di jatibening ke tambak yang ada dijakarta nahan mules yang tambah maju ditambah macetnya jalanan, sepanjang jalan mama dan papa nelp terus ngecek keadaan trus ampe bilang cari hotel deket situ buat mereka dan anak anak nginep. Sampainya di RSIA Tambak kita langsung minta dicek semuanya dengan ditemenin anak anak di ruangan melahirkan (makasi ya abang Nadif abang Olaf ..) ternyata kata bidan jaganya aku harus melahirkan saat itu juga, cuma aku bilang supaya tanya ke dokter kalo bisa ga aku lahiran besok pagi aja karena klo operasi malem capek banget ga bisa istirahat. Mereka bilang sebenarnya ga boleh tapi ya udah bu kita kasih suntikan buat redain rasa sakitnya yaa..

Malem itu istirahat aku suami dan anak anak dikamar RS kata mereka kayak nginep di hotel aja mah heheheheh..Cuma tetep aja aku ga bisa tidur karena bener bener mules banget ampe tengah malem nelp suster minta disuntik lagi, suster nanya lagi ga mau lahiran malem aja bu karena sebenarnya ga boleh nahan lagi aku jawab ga ah sus capek...oo ya udah kata mereka. Puncaknya jam 4 pagi mau pipis pas ke kamar mandi ternyata udah flek sedikit panik trus bangunin suami akhirnya kita siap siap telpon suster dan ama mereka aku disuruh mandi dulu sebelom operasi nanti dijemput mereka..

Akhirnya sekitar 5.30 pagi keluarlah jagoan ganteng dari perutku cuma entah kenapa aku ga bisa IMD , ama dokter anak yang ngawasin aku cuma boleh cium lalu dede bayi langsung dibawa ke ruang perawatan.

Ternyata kata dokter anaknya si bayi ga nangis pas keluar dari rahim dan diperiksa dia terkena pneumonia, karena pas di kandungan dia minum kotorannya sendiri jadi paru parunya penuh kuman..hiks sedih banget karena ga bisa rooming in ama dede bayi liat pun ga boleh karena dia bener bener mesti steril diruang NICU tapi untungnya dia masih boleh tetep minum Asi dengan cara dipompa. Dan yang paling bikin sedih omanya yang nungguin di rumah sakit bolak balik dari bekasi-jakarta buat jagain aku pun ga bisa liat cucunya sampai hari terakhir hidupnya, jadi mamaku berpulang ke pangkuan Allah Swt 2 hari setelah cucunya lahir sorenya masih jenguk aku di rumah sakit malemnya dia menghembuskan nafas terakhir di RS Awal Bross Bekasi karena penyakit gagal ginjalnya. Waktu pertama kali dapat kabar mama meninggal jam setengah 1 malem aku dan suami panik banget aku yang belom bisa jalan plus masih pake infus penghilang nyeri harus bawa anak anak dan barang barang balik dari RS plus pisah sementara dengan dede bayi yang belom bisa dibawa pulang.

Bener bener perjuangan abis makamin mama di tempat peristirahatan terakhirnya aku mesti balik rumah sakit buat pompa Asi dede bayi mana bener bener lagi ada kepikiran untuk makan, double banget sedihnya..selama seminggu dede bayi disana karena harus minum antibiotik lewat suntikan aku mesti pompa Asi dan minta tolong gojek buat anterin Asipnya ke RS tapi ada saat yang membahagiakan saat aku dibolehin gendong meluk bahkan nyusuin secara langsung setelah 4 hari ga pernah ketemu rasanya bener bener dia jadi pelipur lara karena ditinggal mama.

Sekarang alhamdulilah bayi NICU RSIA Tambak udah setahun 3 bulan umurnya mudah mudahan dia sehat terus dan Almarhumah mama bisa liat cucunya dari surga.
Terimakasih banget buat dokter botefilia, suster suster tambak yang udah ngerawat Novo Arentino (Bantino).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar